101 Pemikir Bisnis di Dunia

Gak ada maksud untuk bertindak jadi agen promosi buku ini, tapi kalau ada yang berminat, (mungkin) bisa dicari di toko-toko buku seperti Gramedia, TM Bookstore & Gunung Agung, berhubung hanya 3 (tiga) toko itu aja yang sering gw kunjungin hehehe… Penerbitnya L Press, disusun oleh Oskar Raja, Ferdy Jalu dkk. Gak bermaksud mengkritik pula, tapi ada beberapa typing error dalam penulisan buku ini. Memang gak banyak, tapi gw memang merasa cukup terganggu kalau membaca naskah, artikel, koran dll trus nemu typing error. Pernah beberapa minggu yang lalu beli Tabloid Nova, dan dalam 1 tabloid itu gw nemuin lumayan banyak typing error. Ada sekitar 10-15 spot. Padahal beda artikel dah pasti beda penulis kan? Saking gemesnya gw kirim sms ke redaksi, protes soal typing error itu 😀 😀 😀 Sejak SMP sebenarnya dah akrab ma tabloid itu, dan seinget gw nyaris gak pernah ditemuin kasus typing error sebanyak itu. kalaupun ada paling cuma 1-2 spot aja.

Kok jadi ngebahas typing error pula? 😀

Mungkin karena dalam keseharian pekerjaan gw, selalu bersentuhan dengan penulisan dan koreksi typing error, dah mendarah daging kayaknya hehehe… I admitted that i’m not an expert, not a professional editor either, jadi gw gak akan mengkritisi isi/penyajian/gaya tulisan buku tersebut, cuma sekedar info typing error itu aja… Toh, blog ini juga gak luput dari kesalahan typing error dan cara penulisannya dan gw berusaha untuk mengkoreksi ulang tulisan sebelum di-posting. Kalau tetap ada yang miss, maklumin aja yaaa… 😉

Kembali ke pembahasan buku.

Buku 101 Pemikir Bisnis Dunia ini berisi tentang profil singkat para tokoh di dalamnya. Memang tidak banyak yang diceritakan disana, rata-rata dapat “jatah” cuma 3-5 halaman. Meski singkat, paling gak gw tau sekarang tau siapa pencetus Starbucks dan BlackBerry (Kalau tentang profil pencetus Microsoft, Apple, Facebook, atau Playboy dah pada tau kan?). Berikut beberapa nama yang masuk dalam daftar buku ini:

  1. Peter F. Drucker: meski bukan pebisnis praktis, tapi dia masuk dalam list buku ini. Drucker dikenal sebagai pengarang, konsultan, dan pembicara/profesor dibidang manajemen dan ilmu sosial. Ada 39 buku yang diterbitkan dan memperkenalkan istilah “bekerja efektif” yaitu do the right things dan do the things right.
  2. Lawrence Edward (Larry Page): penemu Google (bersama-sama dengan Sergey Brin).
  3. Robert E. Kelley: kurang lebih sama seperti Drucker: penulis, konsultan manajemen senior & profesor bisnis. Bukunya yang terkenal “How to Be a Star at Work”. Buku-bukunya telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa: Jepang, Jerman, China, Spanyol, Perancis, Italia dll
  4. Mike Lazaridis, punya track record yang lumayan banyak. Pernah membuat pemutar rekaman dari Lego dan sebuah radio saat umurnya masih 5 (lima) tahun. Pernah bekerjasama dengan General Motors, menegerjakan proyek/merancang alat pembaca barcode pada pita film, memenangkan piala Oscar untuk kategori pencapaian teknologi (baru tau ada Oskar untuk kategori ini ^^’) dan yang terbaru: BlackBerry.
  5. Dale Carnegie: sukses dalam mengembangkan kursus-kursus di bidang public speaking dan mencetuskan pemikiran “dorongan lahiriah manusia adalah ingin dihargai”.
  6. Gary Klein: pendesain dan inovator sepeda alumunium, tapi lebih terkenal dengan bukunya Intuition berdasarkan hasil penelitiannya tentang “proses pengambilan keputusan dalam suatu pekerjaan yang memiliki intensitas tinggi”.
  7. Daniel Goleman: memperkenalkan konsep Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional).
  8. Stan Shih: pendiri Multitech International Corp, markasnya Acer. Dan dia mengundurkan diri dengan alasan: meski dia adalah perintis dan membangun Acer, bukan selama-lamanya akan terus memimpin perusahaan tersebut. Stan Shih memberi kesempatan kepada orang lain untuk memimpin perusahaan, terutama yang masih muda.
  9. Eccelestone Bernie: empu-nya Formula 1, termasuk bisnis penyiarannya.
  10. Winston S. Churchill: selain sebagai negarawan, ternyata dia masuk juga dalam kategori pemikir bisnis dunia 🙂
  11. Sir Richard Branson: pernah ke Indonesia dan diwawancari sama Desi Anwar di Metro TV beberapa waktu yang lalu. Pada usia 17 tahun menerbitkan majalah Student, dan terkenal dengan bisnis Virgin-nya 🙂
  12. Edward De Bono with His six Thinking Hats (putih=obyektif, merah=marah, hitam=hati-hati, hijau=kreatifitas, kuning=optimisme, biru=kendali organisasi).
  13. Taiichi Ohno: dinobatkan sebagai Bapak Sistem Produksi Toyota Jepang, memperkenalkan/mengembangkan sistem koordinasi dengan 2 (dua) prinsip dasar: just-in-time dan otomatisasi.
  14. Eugene V. Kaspersky dan anti-virusnya 🙂
  15. John E. Warnock, awalnya bergabung dengan Xerox dan akhirnya mendirikan System Adobe (Adobe Illustrator, Adobe Photoshop dll).
  16. Phil Knight with Nike.
  17. Jeffrey P. Bezos melahirkan bisnis online Amazon.com.
  18. Frederick Wallace S.: layanan antar barang Federal Express.
  19. Howard Schultz: dari Xerox pindah ke Starbucks.
  20. Shabeer Bhatia: merancang sistem surat elektronik berbasis web yang kemudian dikenal dengan Hotmail.

Yah, demikianlah sekilas tentang 20 (duapuluh) dari 101 (seratus satu) tokoh yang ada. Untuk cari tau tentang tokoh-tokoh lainnya, silahkan cari bukunya hehehe…

Advertisements